Peningkatan Kompetensi Pustakawan melalui Seminar dan Workshop

Pustakawan sejatinya bukan hanya berlabel "penjaga perpustakaan" saja. Kini, pustakawan merupakan sumber  informan pertama mengenai sumber informasi.  Maka, dengan adanya pustakawan di sebuah perpustakaan, pemustaka diharapkan bisa mendapatkan informasi apa yang dicari dan diinginkan.

Pustakawan saat ini dituntut untuk terus selalu meng-update informasi , mulai dari sumber-sumber koleksi maupun informasi yang berkembang saat ini. Untuk itu, kompetensi pustakawan perlu ditingkatkan. Peningkatan kompetensi pustakawan dapat diperoleh melalui kegiatan seminar dan workshop tentang perpustakaan.

Dalam hal ini, pustakawan di Perpustakaan SMP dan SMA Al Hikmah kemarin senin,30 Juli 2018 telah mengikuti seminar dan workshop tentang  “ Strategi  Promosi  Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah ” yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya. Ustadzah Tunik, S.Sos dan Mauidhotul Muchlishoh, A.Md selaku pustakawan SMA Al Hikmah serta Ustadzah Endang Sri hartini, S.Sos selaku pustakawan SMP Al Hikmah mengikuti seminar yang dimulai Pukul 8 pagi hingga Pukul 3 sore, bertempat di lantai V gedung perpustakaan Universitas Surabaya. Seminar tersebut menghadirkan 3 pembicara yaitu Pustakawan-pustakawan dari perpustakaan terbaik tingkat  Jawa Timur dan Nasional. Beliau-beliau tersebut pustakawan SMA Nadhatul Ulama 1 Gresik, SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan SMA Negeri 1 Manyar Gresik.

Hasil yang di dapatkan dari kegiatan tersebut yaitu pustakawan diharapkan mampu memiliki ide-ide kreatif dalam mempromosikan perpustakaan agar diminati oleh pemustakanya, baik siswa, guru maupun seluruh civitas akademika di lingkungan sekolah. Serta harapannya adalah membantu meningkatkan minat baca generasi muda saat ini yang disebut dengan generasi digital. (mm)

Berita Terkait

Kembali ke atas